Selasa, 02 Oktober 2012

Cara Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil


 
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda pada kendaraan yang anda naiki baik itu sepeda, sepeda motor maupun mobil. Oleh karena itu ban adalah adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

 
Nah, ban ternyata juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda karena setiap kendaraan memerlukan ukurannya masing-masing. Secara general, dimensi atau ukuran sebuah ban dapat dinyatakan sebagai berikut: “ 205/ 55/ ZR16”. Dan keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:
 
205 = lebar telapak ban (mm)
55    = aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari telapak ban
ZR    = kode limit kecepatan
16    = diameter velg (inch)
 
Kode kecepatan ban

 
Indeks beban ban

 
Cara mengetahui kadaluarsa ban

Tahukah anda, kalau ban termasuk suatu benda yang memiliki masa kadaluarsa. Dan masa kadaluarsa ini berlaku untuk ban yang disimpan terlalu lama tanpa dipasangkan ke kendaraan maupun pada ban yang terpasang pada kendaraan anda namun kendaraan anda jarang digunakan.
Jika anda ingin mengetahui bulan dan tahun produksi ban, maka perhatikanlah 4 angka yang tertera pada bagian dekat bibir velg. Dari keempat angka tersebut, 2 angka di depan menandakan minggu dan 2 angka dibelakangnya menandakan tahun.
Misalnya saja, pada ban yang anda miliki, tertera 0910, berarti ban tersebut dibuat pada minggi ke 9 tahun 2010.
Secara umum, masa kadaluarsa ban yang disimpan di gudang adalah 6 tahun, dalam artian jika anda membeli ban yang sudah berusia lebih dari 6 tahun sejak diproduksi maka pengguna akan menghadapi resiko yang sangat besar disebabkan karet ban yang sudah sangat getas sehingga menjadi lebih mudah retak dan akhirnya pecah.
Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membeli ban yang benar-benar “fresh from the oven” dimana baru berusia beberapa bulan semenjak ban tersebut diproduksi. Juga untuk ban yang digunakan pada mobil yang amat sangat jarang dipakai, gantilah ban jika usia ban sudah 6 tahun dan untuk keamanan maksimal sebaiknya diganti lebih awal akan lebih baik, misalnya diganti di tahun ke 4.
 
(/Carapedia)

Pencarian Terbaru (73)
Kadaluarsa ban. Roda dan ban sepeda motor. Masa kadaluarsa ban mobil. Roda sepeda motor. Kadaluarsa ban mobil. Cara membaca ban mobil. Velg mobil 16 inch.
Tipe ban dan roda sepeda motor. Cara melihat kadaluarsa ban motor. Harga ban dan velg sepeda motor. Kode ban dan pelek. Cara melihat ban mobil. Gambar ban velg mobil. Cara mengetahui tahun produksi ban mobil.
Macam2 velg motor. Roda ban motor yang baik. Cara mengetahui expired ban. Nama nama ban mobil dan ukuranya. Cara melihat kadaluarsa ban mobil. Velg mobil ke motor. Kerusakan as roda depan motor.
Macam macam pelek motor dan mobil. Membaca kadaluarsa ban motor. Cara mudah melihat ban expired. Ban mobil. Cara membaca barcode pada ban mobil. Cara mudah melihat ban expired avanza. Cara baca pelek sepeda motor.
Membaca kadarluarsa. Expired ban motor. Macam macam velg mobil dan pengertiannya. Membaca kode veleg. Membaca ban kendaraan. Ban produksi tahun. Cara memilih ban motor kadarluasa.
Masa kadaluarsa oli sepedamotor. Cara baca angka pada ban roda. Cara melihat ban kadaluarsa. Cara membaca masa pakai ban. Tip baca ban mobil kadaluarsa. Cara mengetahui ban kenderaan yg baru. Cara melihat kualitas ban.
Melihat tanggal kadaluarsa ban. Melihat usia ban. Roda mobil keren. Resiko yang sangat besar disebabkan karet ban yang sudah sangat getas. Pengetahuan tentang kadaluarsa ban motor. Cara membaca kadaluarsa b bil. Cara mengetetahui masa kadaluarsa ban.
Mobil masa depan tanpa roda. Cara melihat masa berlakunya ban kendaraan. Masa berlaku ban mobil. Membaca masa kadaluarsa ban. Ban kadaluarsa. Sepeda motor dan mobil. Ukuran ban mobil.
Mengetahui anek jenis ban mobil. Masa kadaluarsa ban. Membaca ban mobil. Sepeda motor. Bolehkah ban motor disimpan lama. Roda dan ban. Masa expired ban mobil.
Cara membaca tahun pembuatan ban. Ban motor. Keterangan angka yg ada ban mobil. Masa berlaku ban sepeda motor. Masa berlaku ban. Cara membaca kode tahun pada ban mobil. Ban sepedah motor dan mobil keren.
Cara baca tanggal ban mobil. Bagaimana cara membaca tanggal kadaluarsa. Roda sepeda motor berikut pengertianya. 


http://carapedia.com/membaca_masa_kadaluarsa_ban_mobil_info3206.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar